BNews : BNews : The 5th Wave. BNews : The 5th Wave. BNews : The 5th Wave. BNews : The 5th Wave. BNews : The 5th Wave.

Thursday, October 18, 2012

ALKILASI

Alkilasi dalam proses industri minyak bumi merupakan salah satu proses yang digunakan bertujuan meningkatkan angka oktan produk minyak bumi. Salah satu reaksi yang terkenal adalah reaksi antara isobutana dengan olefin menggunakan katalis aluminium klorida yang ditemukan oleh Ipattief dan kawan-kawan. Reaksi ini sampai saat ini digunakan secara
luas dalam alkilasi senyawa aromatik dan olefin, tetapi jarang digunakan dalam alkilasi olefin dengan parafin. Selain itu, contoh reaksi jenis ini adalah reaksi antara isobutana dengan olefin menggunakan katalis asam sulfat atau asam fluorida. Alikilasi akan mengkombinasikan olefin dengan berat molekul rendah (umumnya terdiri dari campouran propilena dan butilena) dengan isobutena dengan adanya katalis asam sulfat atau asam fluorida. Produk disebut Alkylat merupakan gasolin dengan sifat antiknocking dan pembakaran bersih.
 
Secara teknis, proses alkilasi dengan katalis asam sulfat dilakukan dengan diagram kerja seperti gambar berikut:
Umpan reaksi berupa olefin, isobutana dan asam dikontakkan dalam reaktor dan kemudian panas reaksi yang dihasilkan dihilangkan dengan refrigerator. Effluen reaktor ditreatmen dengan asam sebagai katalis, dan pada produk yang dihasilkan dilakukan fraksinasi untuk pemisahan.

Alkilasi dengan asam sulfat (H2SO4): umpan (propylena, butilena, amilena, dan isobutana) memasuki reaktor dan mengalami kontak dengan asam sulfat pekat (85% hingga 95%). Aliran dalam reaktor dibagi menjadi pengendap hidrokarbon dan fasa asam. Fasa hidrokarbon dicuci dengan air panas dan kaustik pada pH terkontrol dan dipisahkan.

0 comments:

Post a Comment